Selasa, 03 Juni 2014

Software Editing Audio



          Software-software yang biasa digunakan dalam mengedit atau mengubah suara  adalah Cool Edit Pro, Nuendo, Cubase, Fruity Loops, Pro Tools, Sonar, Sony Soundforge, Wavelab, dan masih banyak software-software editing audio lainnya.
          Dari berbagai macam Software Editing Audio diatas kita ambil satu contoh dalam mengedit audio adalah Cool Edit Pro.  Misalnya dapat dilihat langkah-langkah sederhana   Memberi  background lagu pada rekaman :
§  Memulai
          Double klik pada shortcut cool pro, lalu tunggu proses loading
§  Merekam
          Klik pada tombol merah, setelah selesai merekam klik kembali tombol merah tersebut.


5
 
 
§  Gunakan tipe standar dalam mengedit
Setelah merekam > buat waveform baru > akan menemukan beberapa pengaturan > Sebaiknya dalam mengedit audio gunakan tipe standar, misalnya : Ukuran Rate Audio = 44100, channels = Stereo dan Resolution = 16-bit
§  Membuang suara yang tak di inginkan (cut )
          Blok bagian suara yang tidak diinginkan lalu klik kanan-cut
6
 
§  Memberi background lagu
          Caranya open file lagu yang kita inginkan  > blok sebagian dari lagu > buka halaman baru(file-new) > klik kanan paste pada channel kanan (right) > lalu tempatkan(copy-paste) suara kita di channel kiri. Atur kesesuaian suara dengan background.
7
 
§  Convert stereo to mono
         Untuk merubah output suara dari sistem dua arah (stereo) ke sistem satu arah (mono) . Caranya adalah blok seluruh bagian suara > lalu buka halaman baru Klik kanan paste satu per satu dari kedua channel. Kemudian atur kembali pengaturan yang diinginkan atau bisa juga dengan cara ke Menu File > lalu pilih Batch File Converter.
8
 
Tambahan
          Jika Kita ingin mengeraskan suara kita blok seluruh suara > klik pada menu effect > amplitude > amplifly pilih dengan akhiran Db boost Dan kita pilih Db cut untuk mengecilkan suara > Ok.  Untuk menyimpan file, kita klik file > save as > pilih tipe file (Mp3) > options untuk menentukan kbps-lalu ok.

0 komentar:

Posting Komentar